Home » » Tips agar lulus kuliah tidak molor

Tips agar lulus kuliah tidak molor

Kuliah molor sampai bertahun-tahun memang menjadi momok bagi sebagian mahasiswa. Bahkan ada yang menyebutnya mahasiswa abadi. Siapa sih yang ga mau lulus kuliah tepat waktu? Nah, sobat mahasiswa berikut ini adalah tips-tips supaya sobat bisa lulus kuliah tepat waktu.

 1. Jangan Hiraukan Salah Jurusan
Seperti yang gue bilang tadi ya, gue memang salah jurusan, atau memang bukan Passion gue, tapi kenapa gue masih semangat ngejalani dunia perkuliahan ? jawabannya simple dan sederhana, karena memang itu pilihan gue, lah gini deh, yang ngebuat lu salah jurusan siapa ? atau yang ngebuat lu salah jurusan itu kenapa ? yang milih jurusan itu siapa ? jawabannya pastilah kita sendiri kan , atau mungkin karena beberapa permintaan orang tua, tapi orang tua kita pasti bertanya kepada kita dahulu kan ? terus yang menyutujui saran orang tua itu siapa ? kita kan , jadi kalau boleh gue ngomong yang ngebuat salah jurusan itu nggak ada kecuali memang otak kita sendiri yang menganggap kita salah jurusan, gue awalnya memang nggak pernah niat kuliah di dunia per-akuntansi-an, tapi gue merenung panjang, bahwa yang memilih Akuntansi waktu finalisasi pendaftaran UMB itu siapa ? kan gue sendiri, jadi kenapa gue sekarang komplain sama diri gue sendiri, jadi sudah sepantasnya kita berfikir nggak ada salah jurusan, kalaupun memang salah jurusan, sudah hadapi aja, toh itu memang pilihan kalian kan, nggak ada sesuatu yang salah kecuali kalian sendiri yang membuat kesalahan itu sendiri.

2. Nikmati Kuliah, jangan bermalasan
nah, ini yang paling gue alami sekarang, iya, gue sekarang lagi dalam masa menikmati masa kuliah, karena memang gue sudah berambisi bahwa sekalipun gue salah jurusan tapi gue nggak mau nyerah terhadap Kesalahan jurusan tersebut, salah jurusan nggak boleh jadi alasan kenapa gue jadi malas, jadi salah jurusan harus bisa menjadi alasan atau cambuk semangat agar gue lebih menikmati dunia perkuliahan.

3. Belajar Bersabar
nah, kalau sudah kuliah pasti sudah nggak asing lagi dengan yang namanya "PHP" iya, semua hal di dunia perkuliahan itu bisa PHP, mulai dari Dosennya sampai Nilainya, jadi, kalau kalian sudah memasuki dunia perkuliahan, nggak ada lagi yang namanya Guru bakal Datang terus atau Guru bakal Datang On-Time, atau Guru bakal ngasih nilai Baik, iya, kata-kata itu sudah pasti jarang terdengar, karena ini kuliah, kata-kata yang sering terdengar adalah Dosennya masuk nggak , atau, Dosennya masuk tapi terlambat jadi disuruh tunggu sampai 1 jam, dan tahunya ternyata sang Dosen nggak datang jadi 1 jam yang sudah terlewati itu seakan sia-sia, jadi kalau sudah kuliah, kita juga otomatis belajar yang namanya sabar.

4. kuliah itu tentang pilihan
kuliah itu soal kita memilih jalan, iya, karena kuliah bukan lagi kita dibimbing melainkan kita yang membimbing kemana kita, karena kita sudah dianggap dewasa atau MAHA, karena itu sudah sepantasnya kita harus menentukan jalan kita, ada orang yang kuliahnya santai, lulusnya pun dengan waktu yang santai, ada yang serius dan lulusnya juga dengan waktu yang sesuai, jadi tergantung kita bagaimana dalam memilih jalan kita sendiri.

5. Tanggung Jawab
kalau kalian ketua kelas atau ikut organisasi kampus pasti kalian akan mendapatkan pelajaran mengenai tanggung jawab, jadi saat kuliah kalian akan lebih banyak diajarkan mengenai tanggung jawab dan pelatihan mental yang baik adalah saat kuliah karena di perkuliahan kalian akan lebih sering berinteraksi dengan dosen dan akan lebih sering menerima tanggung jawab dari dosen, mulai mengenai mengatur jadwal atau mulai dari mengatur dimana tempat perkuliahan, pokoknya kuliah dapat melatih sifat tanggung jawab kalian.

sebenarnya menurut gue, banyak pelajaran lagi yang bisa diambil dari perkuliahan, terkadang memang masa SMA lebih seru dibanding masa kuliah, cuma tu ya, mau sampai kapan terlena oleh masa-masa bermain, sudah waktunya kita ke masa yang lebih serius, sudah waktunya kita belajar mengenai tanggung jawab sabar dan pendewasaan diri, seiring berjalannya waktu dan umur kita, sudah sepantasnya kita mendapat pelajaran seperti itu, jadi, ambil sisi positive dari kuliah dan jangan lihat negative-nya, nggak selamanya kuliah itu nggak enak, tergantung bagaimana cara kita menjalaninya.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.